GawaiKita.com

Chat Bersama AIGA
(Artificial Intelligent Gawaikita)

Halo sahabat GawaiKita! yuk ngobrol bareng sama AIGA dichat informasikan seluruh kebutuhan mu.

Powered By Ahlinyaweb.com

AIGA

Chat Bersama AIGA

Logo Gawaikita
Halo saya AIGA (artificial intelegent gawaikita)
Apa ada yang bisa AIGA bantu.?
cukup klik piilihan dibawah ini ya.
Mau Beli Aksesoris
Logo Gawaikita
silahkan ketik langsung dan ceritakan yang lengkap ya.
Logo Gawaikita
Logo Gawaikita
Logo Gawaikita
jika tidak tahu boleh dikosongkan
Logo Gawaikita
gawaikita punya layanan antar jemput gratis*, mau dijemput ga.?
Logo Gawaikita
maaf nih AIGA lupa nanya nama kakak siapa?
Logo Gawaikita
Kak.... AIGA mau minta nomer whatsapp atau telepon supaya team representatif mudah hubungi kakak?
Logo Gawaikita
Logo Gawaikita
informasinya sudah AIGA catat di sistem gawaikita yah kak, supaya makin enak ngobrolnya.
AIGA bantu hubungkan ke whatsapp gawaikita dan terhubung dengan kakak cantik atau ganteng dari team customer kita ya.
Logo Gawaikita
wah kalo nanya hal lain AIGA perlu bantuan kakak customer service gawaikita yang cantik/ganteng nih.
AIGA bantu hubungkan yah kak, lanjut klik kirim aja pesan whatsapp yang aiga buatin ya.
 

Salah satu kebiasan buruk dari pengguna laptop adalah mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power atau force shutdown. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi laptop yang tiba-tiba ngelag atau ngehang. Terlalu sering mematikan laptop secara paksa ternyata memiliki resiko berbahaya terhadap laptop loh. Untuk tetap menjaga performa dengan baik, Sahabat Gawai sebaiknya mematikan laptop dengan prosedur yang benar yakni menggunakan fitur shutdown. Fungsi dari shutdown pada sistem operasi komputer atau laptop adalah untuk menjaga performa laptop agar tetap stabil karena tidak mengalami shock saat dimatikan secara langsung. Sebenarnya, dalam proses mematikan laptop sistem akan dengan otomatis mematikan seluruh aplikasi yang berjalan secara bertahap, tapi apabila tidak dimatikan dengan benar, maka akan menimbulkan kekacauan.
Berikut merupakan akibat dari mematikan laptop secara paksa.

  1. Registry Laptop Kacau

Pada saat melakukan proses shutdown, laptop akan melakukan registrasi ulang pada komponen yang Sahabat Gawai gunakan dan software beserta data data yang sudah digunakan. Jika Sahabat gawai mematikannya secara paksa, maka proses ini tidak akan dilakukan. Akibatnya, registry bisa berantakan dan akan menyebabkan terjadinya error atau kekacauan saat di muat ulang. Ketika registry menumpuk, maka laptop pun akan terasa lebih lemot.


  1. Hardisk Bad Sector

Akibat kedua dari mematikan laptop secara paksa adalah terjadinya bad sector pada hardisk. Bad Sector merupakan kerusakan pada sebagian hardisk yang mengakibatkan hilangnya data di dalamnya. Pada saat laptop sedang digunakan beraktifitas, hardisk akan memproses data melalui sebuah piringan yang terus berputar.

Jika Sahabat Gawai mematikannya secara paksa maka, piringan yang ada di dalam hardisk akan berhenti secara mendadak, lama kelamaan hal tersebut akan merusak komponen didalamnya dan membuat laptop rusak.


  1. RAM Rusak

Selain terjadi pada hardisk, kerusakan juga dapat terjadi pada RAM. Pada saat digunakan, RAM juga akan memproses data dan menyimpan seluruh pekerjaan pada memori sementara. Jika Sahabat Gawai langsung mematikan laptop secara paksa, maka residu atau program ringan akan menjadi beban ketika laptop dinyalakan kembali.


  1. Power Supply Bermasalah

Mematikan laptop secara paksa berarti memaksakan perangkat mati secara mendadak. Hal tersebut akan mengakibatkan power suply tidak mendapatkan arus listrik. Efek nya adalah power supply bisa meledak karena konsleting. Hal ini biasanya terjadi pada komputer.

  1. Memicu Kerusakan pada prosesor

Yang terakhir adalah prosesor, didalam prosesor terdapat sebuah pasta pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan prosesor. Jika Sahabat Gawai mematikan laptop dengan paksa , maka fungsi pendingin tidak akan berjalan dengan normal, hal tersebut akan mengakibatkan prosesor menjadi cepat panas dan rusak.


Itulah 5 dampak mematikan laptop dengan cara paksa. Jika terjadi ngehang atau ngelag jangan langsung dimatikan secara paksa. Tunggu hingga beberapa saat sebelum shutdown laptopmu. Jika ternyata masih ada kendala, Sahabat Gawai dapat berkonsultasi secara gratis di Gawaikita.


Gawaikita adalah solusi mu ! Tempat service laptop bandung terbaik. Tidak hanya menyediakan service laptop, Gawaikita juga menyediakan berbagai accesories laptop sesuai kebutuhanmu.  Bagi Sahabat Gawaikita yang mager keluar rumah buat service atau beli accesories laptop, tidak perlu bingung karena Gawaikita bisa datang ke rumahmu. Sahabat Gawaikita cukup buka website kami di www.gawaikita.com dan dapatkan konsultasi masalah laptopmu gratis. Ayo tunggu apalagi, laptop rusak, laptop mati, laptop butuh service? Gawaikita aja!