GawaiKita.com

Chat Bersama AIGA
(Artificial Intelligent Gawaikita)

Halo sahabat GawaiKita! yuk ngobrol bareng sama AIGA dichat informasikan seluruh kebutuhan mu.

Powered By Ahlinyaweb.com

AIGA

Chat Bersama AIGA

Logo Gawaikita
Halo saya AIGA (artificial intelegent gawaikita)
Apa ada yang bisa AIGA bantu.?
cukup klik piilihan dibawah ini ya.
Mau Beli Aksesoris
Logo Gawaikita
silahkan ketik langsung dan ceritakan yang lengkap ya.
Logo Gawaikita
Logo Gawaikita
Logo Gawaikita
jika tidak tahu boleh dikosongkan
Logo Gawaikita
gawaikita punya layanan antar jemput gratis*, mau dijemput ga.?
Logo Gawaikita
maaf nih AIGA lupa nanya nama kakak siapa?
Logo Gawaikita
Kak.... AIGA mau minta nomer whatsapp atau telepon supaya team representatif mudah hubungi kakak?
Logo Gawaikita
Logo Gawaikita
informasinya sudah AIGA catat di sistem gawaikita yah kak, supaya makin enak ngobrolnya.
AIGA bantu hubungkan ke whatsapp gawaikita dan terhubung dengan kakak cantik atau ganteng dari team customer kita ya.
Logo Gawaikita
wah kalo nanya hal lain AIGA perlu bantuan kakak customer service gawaikita yang cantik/ganteng nih.
AIGA bantu hubungkan yah kak, lanjut klik kirim aja pesan whatsapp yang aiga buatin ya.
 

Pasti Sahabat Gawai sering mendengar istilah Overclocking pada laptop atau komputer kan? Nah sebenarnya apa sih Overclocking itu? Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian overclocking dan kelebihan overclocking. Overclocking adalah salah satu cara yang biasa digunakan untuk meningkatkan clock rate atau boosting kecepatan kerja laptop atau komputer dari kapasitas defaultnya. Komponen yang dapat dilakukan overclocking adalah chip dalam processor dan GPU. Kata overclock sendiri tergaung dari kata Over dan Clock yang dapat diartikan sebagai Clock yang berlebih. Clock ini diartikan bukan sebagai jam namun memiliki arti kecepatan chip dalam processor dan GPU. Semakin tinggi nilai clock, maka semakin cepat pula chip tersebut melakukan pekerjaannya.

Overclocking ini biasanya dilakukan oleh para gamers agar kinerja laptop atau komputernya lebih cepat tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Overclock ini juga termasuk kegiatan yang mudah dilakukan dan hampir semua gamers dapat melakukannya. Namun overclocking juga memiliki resiko tersendiri. Salah satu resiko dari overclocking adalah sistem menjadi tidak stabil dan kerusakan perangkat hardware laptop. Kerusakannya diakibatkan karena seluruh chip bekerja lebih keras dari seharusnya, maka konsumsi listrik akan semakin lebih besar dan mengakibatkan komponen cepat panas lalu rusak.

Selain mempercepat kinerja kerja, overclocking juga biasanya digunakan oleh produsen chip sebagai acuan teknisi untuk mengerti kemampuan maksimum dari arsitektur komponen komputer yang dibuat. Tidak semua laptop atau komputer dapat dilakukan overclocking, karena tidak semua komponen mampu menahan arus listrik yang berlebih. Biasanya overclocking ini tergantung dari motherboard yang digunakan, kebanyakan motherboard Intel CPU dipasarkan dengan locked multiplier, sehingga mencegah Sahabat Gawai untuk melakukan pengubahan nilai dan overclocking.

Jika Sahabat Gawai tetap melakukan overclocking, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan agar komponen perangkatmu tetap dalam kondisi yang stabil dan tidak mengalami overheat. Berikut merupakan hal-hal yang harus Sahabat Gawai perhatikan sebelum melakukan Overclocking :

  1. Pastikan memiliki system pendingin

Jika kecepatan CPU ditambah secara paksa maka komponen – komponen yang berhubungan dengannya akan ikut bekerja lebih keras. Hal ini akan mengakibatkan muncul panas yang berlebih. Maka Sahabat Gawai perlu menambahkan sistem pendingin. Biasanya sistem pendingin ini dapat berbentuk pendingin aftermarket yang berfungsi untuk menghilangkan panas atau kipas CPU yang lebih kuat untuk mengusir udara panas. Tentunya ini membutuhkan ruang yang cukup dalam perangkatmu, sehingga sirkulasi udara tidak tertinggal di dalamnya.


  1. Gunakan water cooling system

Overclocking yang berlebih atau bisa disebut hardcore overclocking, akan membutuhkan pendingin lebih atau water cooling system. Ini adalah pendingin yang berbasis air, dimana air akan dipompa berjalan dan radiator di dalamnya akan mengusir udara panas. Pendingin ini lebih jauh efisien daripada pendingin biasanya, namun harganya juga bisa lebih mahal.


Itulah pengertian dari overclocking, hati-hati jika anda ingin melakukan overclocking karena tidak semua perangkat dapat dilakukan overclocking, terutama pada CPU yang standar. Jika Sahabat Gawai mengalami kendala di laptop karena melakukan overclocking, jangan ragu untuk coba gunakan jasa profesional. 

Gawaikita adalah solusimu ! Tempat service laptop bandung terbaik. Tidak hanya menyediakan service laptop, Gawaikita juga menyediakan berbagai accesories laptop sesuai kebutuhanmu.  Bagi Sahabat Gawaikita yang mager keluar rumah buat service atau beli accesories laptop, tidak perlu bingung karena Gawaikita bisa datang ke rumahmu. Sahabat Gawaikita cukup buka website kami di www.gawaikita.com dan dapatkan konsultasi masalah laptopmu gratis. Ayo tunggu apalagi, laptop rusak, laptop mati, laptop butuh service? Gawaikita aja!